Senin, 27 Oktober 2014

// // 6 comments

Seputar teknk pertambangan UNSRI

Teknik Pertambangan Unsri

Assalamualaikum calon putra-putri  mahasiswa generasi penerus bangsa. Perkenalkan nama saya Dwi Okky Saputra. Mahasiswa Teknik Pertambangan Unsri 2013 asal Palembang, Sumatera Selatan. Sebelumnya saya akan bertanya dulu kepada calon-calon mahasiswa, siapa yang tak kenal dengan Teknik Pertambangan Unsri? Salah satu jurusan Teknik Pertambangan terbaik di negeri ini. Yang dalam beberapa tahun terakhir, jumlah peminat jurusan atau program studi Teknik Pertambangan selalu meningkat, apalagi Teknik Perminyakan. Itu dikarenakan oleh Perkembangan industri sumber daya mineral yang signifikan di Tanah Air dan tingkat kesejahteraan yang tinggi bagi karyawannya memikat para generasi muda untuk mendalami bidang ini.  Lantas saya menulis artikel ini selaku Mahasiswa Baru Teknik Pertambangan Unsri 2013 yang baru menginjak semester 1 ini ingin sekali berbagi pengetahuan atau informasi mengenai Jurusan Teknik Pertambangan kepada adik-adikku semua generasi penerus bangsa yang sebentar lagi akan merasakan kegalauan dalam memilih jurusan apa yang akan dipilih dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri nanti. Nah disini yang biasanya pertanyaan paling mendasari… Apa itu teknik pertambangan?? Terus apa saja sih yang dipelajari disana??Bagaimana ya prospek kedepannya?? Bagaimana kerjannya nanti??
Yuk, mari kita jawab pertanyaan yang pertama. Teknik pertambangan adalah salah satu konsentrasi perkuliahan yang focus terhadap masalah tambang, dari mulai barang apa aja yang mempunyai nilai ekonomis untuk ditambang, bagaimana teknik menambang yang aman, ramah lingkungan dan efisien sampai bagaimana cara mengolah barang-barang tambang hingga bermanfaat buat kehidupan sehari-hari.
Terus apa saja sih yang dipelajari di Teknik Pertambangan?? Tentu yang dipelajari di sana adalah hal-hal yang berkaitan sama pertambangan, belajar tentang minerlogi (mempelajari mineral-mineral), belajar tentang geologi (gambaran permukaan bumi atau ilmu kebumian),  ilmu petrologi (batuan),  ekplorasi minyak dan gas, pelajaran eksak yaitu kimia, fisika, kalkulus(matematika), dan juga belajar software2 yang menunjang kegiatan pertambangan kaya AutoCAD, Surface Mining. Serta beajar kemampuan Soft Skills yaitu pembentukan karakater pribadi untuk berinteraksi.
Berbicara tentang Prospek???? InsyaAllah sarjana teknik pertambangan sangat dibutuhkan ya pastinya itu dikarenakan jurusan teknik tambang masih sedikit di Indonesia sedangkan perusahaan tambang sangat banyak…. Teknik pertambangan terbaik di Indonesia yaitu ITB dan Unsri, lulusan teknik pertambangan ITB dan UNSRI memiliki kelebihan dan kelemahan masing2, lulusan ITB biasanya unggul dalam hal akademik, dan lulusan UNSRI biasanya unggul dalam praktek dilapangan….. masalah ilmu bukan universitas yang menentukan, tapi usaha kita yang paling menentukan, anda kuliah di itb dan unsri sama aja,,, anda kuliah di itb kalau gak ulet dan rajin sama aja bohong, anda kuliah di unsri tapi rajin dan ulet bisa mengalahkan lulusan tambang itb… jadi yang paling menetukan kualitas kita adalah usaha kita bukan dimana kita kuliah…. kalo dilihat dari segi dosen, hampir gak terlalu jauh antara jurusan tambang itb dan unsri, kebanyakan dosen tambang unsri adalah lulusan universitas  Jepang, Prancis, Australia, New Zealand dan Malaysia…mungkin memang kelebihan itb ada di fasilitas yang relative lebih baik dari jurusan tambang unsri, tapi di tambang unsri sekarang lagi gencar2nya pembangunan,,,bentar lagi akan selesai pembangunan laboratorium batubara terbesar di Indonesia setinggi 6 lantai dan juga sedang dibangun skywalk…
Oiya lulusan tambang unsri yang baru diwisuda taun ini 100% udah pada kerja gak ada yang nganggur, Alhamdulillah…. insyaAllah paling lama menunggu pekerjaan itu 2 bulan setelah kita diwisuda karena ikatan alumni tambang disini sangat kuat… apalagi perusahaan2 tambang yang ada di sumatera selatan kaya PT. Bukit Asam, dan juga KPC di kalimantan. Mereka lebih suka merekrut lulusan tambang unsri dibanding lulusan lainnya, kalo anda pengen masuk PT. Freeport Indonesia, peluangnya terbuka lebar sebab CEO PT Freeport Indonesia Bpk Armando Mahler  itu lulusan tambang unsri jadi ada ikatan khusus lah antara Freeport sama tambang unsri…. Kalo masalah penghasilan anak tambang??? Yaa jangan ditanya lagi lah, baru fresh graduate(baru lulus sarjana) aja minimum dapet sekitar 7-15 juta/bulan tergantung perusahaan mana yang menerima kita kerja… kalo udah 4/5 tahun kerja ditambang bisa sampe 40 jt/bulan sebab kerja ditambang itu tiap tahun gaji kita naik jadi ada level2nya gitu… apalagi kalo udh belasan tahun atau puluhan tahun kerja, ditambah prestasi kerja kita baik buat penghasilan jangan ditanya deh dan pasti langsung ditarik buat kerja dikantor pusat yang rata2 ada di Jakarta dan Tangerang… buat sarjana tambang biasanya kerja dilapangan sekitar 5-10 tahun baru ditarik kerja dikantor pusat, bisa lebih cepat atau lambat tergantung prestasi kerja kita juga… oiya CEO Freeport yang lulusan unsri itu penghasilannya $300.000/month….fantastis bukan? :D Namun semua itu tidak cukup jika kita kita tidak memiliki soft skills yang baik, jadi jangan lupa kembangkan soft skills, yaitu karakter pribadi yang memudahkan seseorang untuk berinteraksi secara efektif dan harmonis dengan orang lain di sekitarnya.
Bagaimana ketika kita kerja dilapangan tambang?? Jadi yang mukulin batu???jadi operator mesin tambang???jadi yang ngangkut2in bahan tambang??? Tentu TIDAK!!! Sarjana tambang pas kerja dilapangan Cuma ngawasi bawahan2 kita yang lulusan SMK/Diploma…. Jadi pas kita baru kerja kita punya banyak bawahan yang udah pada tua2… kita krja dilapangan Cuma sebagai mine planner or orang yang merencanakan gimana caranya dapet barang tambang yang banyak, aman dan ramah lingkungan…
Bisa disebut supervisor gitulah……so jangan ragu masuk dunia pertambangan…tengok juga jurusan pertambangan jangan fokus sama satu jurusan aja yaah,,,,, karena dunia ini luas :D
Yang cewek jangan takut masuk teknik pertambangan ya disini banyak juga cewek yang masuk teknik pertambangan bahkan kalo cewek biasanya gak lama2 kerja dilapangan dan langsung ditarik dikantor pusat apalagi cewek di tambang itu EMAS… yang IPS juga jangan segan ya mencoba, ada juga kok temen2 saya, kakak tingkat saya yang lulusan IPS tapi masuk teknik Pertambangan… yakinlah kalo anak indonesia mah bisa masuk teknik pertambangan UNSRI!!!!
Ayoo tunggu apalagi,  jangan salah pilih jurusan, pilihlah jurusan yang terbaik di negeri ini salah satunya Teknik Tertambangan Unsri. Dikarenakan perkembangan jumlah peminat terhadap jurusan Teknik Pertambangan Unsri selalu meningkat dalam lima tahun terkahir setelah kedoktera. Sebab UNSRI adalah PTN terbaik diluar pulau Jawa, UNAND, USU, UNILA, UNHAS dan PTN lain yang diluar jawa Alhamdulillah kualitasnya dibawah UNSRI.
Pesan saya yang terakhir,  jadilah bagian dari kami Keluarga Mahasiswa Teknik Pertambangan Unsri, sera jangan lupa belajar dan berdoa, jagalah kesehatan karena SNMPTN adalah salah satu gerbang awal yang sangat menentukan arah masa depan anda….. semangaaaat ya!!!!! Kakak tunggu kehadiran kalian di Teknik Pertambangan Unsri.

source : http://dwiokkysaputra.wordpress.com/teknik-pertambangan-unsri/

6 komentar:

  1. Kesan tulisannya seperti terlalu melebihkan. Seperti prospek kerja di PTFI bagi alumni UNSRI terbuka lebar karena bapak CEO PTFI adalah alumni Unsri, seolah ada pengkususan bakal dipermudah karena masih ada ikatan sesama alumni. Pak Armando pun sejak tahun 2012 sudah tidak lagi menduduki jabatannya sebagai CEO lagi. Ini terkesan meyepelekan dan tergantung kepada adanya alumni. Alumni bisa membagim informasi mengenai lowongan pekerjaan, tetapi semuanya tetap melalui tahapan seleksi dan tergantung dari usaha kita masing-masing.

    BalasHapus
  2. Selamat pagi..! Saya mau nanya ni ! Kalau SMA jurusan IPS tapi kuliah nya ingin teknik pertambangan bisa ya.?😆
    Atau emang sama sekali tidak bisa .?😐

    BalasHapus
  3. Kak jadi yang menentukan kita masuk ke teknik pertambangan lihat nilai kimia, fisika, dan matematika ya kak? Kalau basic saya dibiologi apakah bisa masuk ke teknik pertambangan?😂

    BalasHapus
  4. kak aku cewe mau masuk teknik pertambangan unsri,bisa ga ya?
    gimana nanti kerja di lapangannya soalnya kan biasanya yang kerja dilapangan itu cowo bukan cewe hehe
    apa ada lagi prospek kerja untuk lulusan teknik pertambangan untuk cewe?
    makasih kak

    BalasHapus
  5. berlebihan ente bro, gw alumni tambang unsri juga, but harus diakui lulusan tambang ITB lebih mumpuni, secara dari basic mereka orang2 cerdas

    BalasHapus

RenoAP